07 January 2016

Merekam Komputer dan Laptop dengan VLC Media Player

   Dalam sistem pembelajaran informatika, untuk menerangkan suatu materi yang memiliki tahap-tahap atau cara dalam menjalankan sebuah program memang tidak mudah untuk dilakukan. Jika dalam proses mengajar hanya diberikan tutorial berupa tulisan maupun perintah kerja, rasanya kurang efektif karena tidak semua teori bisa masuk kedalam memori otak. Perlu diberikan praktek kerja juga agar pembelajaran yang diberikan bisa sepenuhnya masuk ke dalam memori dan diproses dengan maksimal. Salah satu cara yang lumayan ampuh untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan memberikan rekaman video tutorial atau cara mengerjakan suatu tugas.

   Dengan video tutorial, segala materi yang diajarkan akan lebih jelas dalam penyampaian. Kita dapat melihat langsung cara atau kerja program beserta langkah-langkah yang jelas. Metode seperti ini tentu akan sangat membantu dalam proses belajar mengajar, karena mudah dipahami dan diterapkan.

   Bagi Anda yang ingin coba membuat video tuorial dari merekam aktivitas komputer milik Anda, bisa Anda lakukan dengan langkah mudah. Sebenarnya ada berbagai macam aplikasi untuk merekam layar komputer, namun yang akan saya bahas kali ini adalah aplikasi VLC media player untuk merekam aktivitas layar komputer. Mungkin banyak yang belum mengetahui apa fungsi lain dari VLC ini, selain untuk melihat video dengan berbagai format, aplikasi ini ternyata bisa digunakan untuk membuat video dengan merekam aktivitas komputer. Tentunya dengan melakukan sedikit setting di aplikasi. Untuk dapat membuat video dengan menggunakan VLC media player, berikut adalah cara untuk setting aplikasi.
  • Buka aplikasi VLC media player
  • Di bagian kiri atas, klik dropdown Media, lalu klik buka perangkat penangkap,
  • Akan muncul tab seperti berikut,

1.     Ubah mode penangkapan dari "DirectShow" menjadi "Dekstop",
2.     Kadar bingkai dimaksimalkan ke tingkat paling atas,
3.     Di bagian paling bawah, dropdown menu play kemudian pilih Konversi,


  • Browse untuk tempat menyimpan video hasil rekaman VLC,
  • Jika sudah, klik start dan mulai melakukan perekaman di komputer Anda,
  • Untuk menghentikan aktivitas merekam, klik stop di VLC media player
  • Video akan otomatis tersimpan di file penyimpanan setelah VLC berhenti dijalankan.
   Video tutorial yang telah Anda buat bisa digunakan untuk bahan mengajar atau memberi tahu seseorang tentang cara atau langkah menjalankan suatu program di komputer. Dengan melihat langkah-langkah yang lebih detail melalui visualisasi video tutorial, memungkinkan penyerapan ilmu lebih maksimal dibandingkan hanya dengan teori lisan saja. Sampai disini pembahasan tentang merekam layar komputer menggunakan VLC media player, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih telah mampir ke blog saya, tetap semangat berbagi pengetahuan. Salam blogging!!

No comments:

Post a Comment